Sigap Hadapi Potensi Bencana,BPBD Tanjab Barat Lakukan Simulasi

Jangan lupa share ya!

KABARTUNGKAL.COM. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tanjung Jabung Barat melakukan simulasi bencana di Kawasan Embung Wisata di desa Muntialo, kecamatan Betara bersama Petrochina Internasional Jabung Ltd dengan melibatkan pemerintah desa juga siswa-siswi SMK Negri 7 Betara. Kamis, (11/11/2021)

Kegiatan tersebut di laksanakan sebagai salah satu bentuk kesigapan dalam menghadapi potensi bencana, sebagaimana di katakan kepala pelaksana BPBD, Zulfikri. Menurutnya, pencegahan bencana adalah unsur bersama. Tidak hanya BNPB, BPBD atau TNI/Polri tapi juga seluruh unsur Pentaheliks ( pemerintah, dunia usaha, akademisi, masyarakat dan media masa).

“Keterlibatan masyarakat harus di utamakan termasuk di dalamnya kelompok rentan, pengetahuan tentang kebencanaan harus menjadi bagian yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-hari”. Ujarnya

Ditambahkannya, simulasi bencana yang di laksanakan adalah simulasi penyelamatan korban bencana di air, pemadaman karhutla dan kebakaran pemukiman serta diselingi beberapa game-game kebencanaan.

Sehingga,dirinya berharap kedepan kegiatan tersebut dapat di laksanakan secara berkala di berbagai daerah yang rawan bencana.

“Saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada petrochina atas dukungannya dan juga kepada semua pihak yang terlibat, pemerintah desa,siswa siswi dan masyarakat yang merespon dengan cepat temuan-temuan terkait potensi bahaya atau ancaman bencana”. Tutunya (Red/Fz)

Tinggalkan Balasan