Sebab-sebab turunnya surat ke 111 (AL-LAHAB)

Jangan lupa share ya!

TANJABBAR,KABARTUNGKAL.COM – Sebab-sebab turunnya surat ke 111 (AL-LAHAB) menurut riwayat yang di kemukakan oleh Al-Bukhari dan lainnya , surat ke 111 ini melukiskan bahwa kecelakaan itu akan terkena kepada orang yang mempitnah dan menghalang-halangi agama Allah SWT.

Dalam suatu riwayat di kemukakan bahwa pada suatu ketika Rasulullah s.a.w naik ke bukit Shafa sambil berseru : ,,,Mari berkumpul pada pagi hari ini ! ” Maka berkumpullah kaum Quraisy . Rasulullah bersabda :,,Bagaimana pendapat kalian , seandainya aku beritahu bahwa musuh akan datang besok pagi atau petang , apakah kalian percaya kepadaku ?” Kaum Quraisy menjawab : ,,Pasti kami percaya .” Rasulullah besabda : ,,Aku peringatkan kalian bahwa siksaan Allah yang dahsyat akan datang “. Berkata Abu Lahab : ,,Celaka engkau ! Apakah hanya untuk ini , engaku kumpulkan kami ?”. maka turun ayat ini (S.111 : 1-5) .

Berkenaan dengan peristiwa itu yang melukiskan bahwa kecelakaan itu akan terkena kepada orang yang memfitnah dan menghalang-halangi Agama Allah.

Dalam riwayat lain di kemukakan bahwa Istri Abu Lahab menyebarkan duri-duri di tempat yang akan di lalui Nabi Muhammad s.a.w , ayat ini (S.111 : 1-5) turun berkenanan dengan peristiwa itu yang melukiskan bahwa orang yang menghalang-halangi dan menyebarkan permusuhan terhadap islam akan mendapat siksaan Allah swt.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Isra’il dari Abi Ishaq yang bersumber dari orang Hamdan bernama Yazid bin Zaid

Inilah sebab – sebab turunnya surat ke 111 (S. AL-LAHAB ayat 1-5)

*Agung Sopian*

Mari berlangganan dengan kami : kabartungkal.com

Leave a Reply