Di Balik Asri Situ Bojong Mengger, Terdapat Mitos Yang Mencekam

Jangan lupa share ya!

kabartungkal.com – Indonesia tidak hanya memiliki pantai-pantai tropis yang menawan, tetapi juga terdapat danau-danau yang indah, danau ini tersebar dari ujung barat sampai ujung timur negri ini.

Namun ternyata, tidak banyak yang tau dari sekian banyak danau di Indonesia banyak diantaranya yang memiliki kisah misteri dan legenda yang di percaya, salah satunya adalah Situ Bojong Mengger Ci Amis, Jawa Barat.

Situ adalah istilah untuk Danau di Jawa Barat yang biasa di gunakan untuk menyebutkan danau berukuran kecil atu bendungan yang merupakan tempat penampungan air.

Situ “Bojong Mengger Ci Amis” berada di Desa menger, Kecamatan Ci jengjing Kabupaten ci Amis,Jawa Barat. Danau ini memiliki kedalaman 2 hingga 3 meter dan ukurannya cukup luas, hingga 4 sampai 5 hektar.

Warga biasanya memanfaatkan Danau ini untuk pengairan sawah, saluran irigasi dan kolam bahkan tak lama lagi, situ ini akan menjadi sebuah destinasi wisata.

Destinasi wisata danau kecil ini masih alami serta udaranya pun masih sejuk, karna banyak pepohonan di sekitar kawasan ini.

Namun di balik keindahan tempat ini ternyata juga menimpan segudang cerita misteri dan mitos yang konon telah di percaya warga setempat sejak lama.

Konon situ Bojong Mengger ini ada penghuninya yakni sosok penampakan mahluk yang menyerupai ikan Gabus besar, kisah tersebut di yakini masyarakat setempat secara turun menurun.

Warga setempat bahkan menjulukinya “Abah Bapang Bogo”. Menurut cerita yang sempat melihat penampakan ikan gabus ini berukuran sebesar anak manusia yang usianya sekitar 5 bulan.

Konon tidak sedikit warga setempat yang mengaku pernah melihat penampakan ikan siluman penunggu Situ Bojong Mengger Tersebut. Bukan hanya itu saja, ternyata situ ini memiliki tata tertib tersendiri, bagi siapa saja yang berada di lokasi danau tidak boleh ada yang berteriak-teriak atau berisik termasuk menggelar keramaian, sebab penunggu danau ini akan merasa terganggu dan dipercaya akan murka. Selain itu orang yang datang ke situ ini, di himbau harus menjaga tatakrama.

Disebutkan jika yang melanggar larangan terebut konon akan terkena musibah, masyarakat juga menghimbau jangan ada yang sembarangan mengambil sesuatu tanpa izin atu pamit, kalo misalkan mengambil ikan dengan cara memancing ataupun mengambil kayu bakar di area danau ini terlebih dahulu harus pamit izin dengan dengan berkata-kata, kalo tidak, musibah bisa menimpa orang itu.

Konon dahulunya sempat ada kejadian sewaktu peroses pengerukan Situ Bojong Mengger oleh pihak Desa, saat itu pengerukan dilakukan menggunakan alat berat berupa Exkapator.

Di percaya pada saat itu petugas yang akan melakukan pekerjaan disebut sebut tidak meminta izin, kebetulan atau tidak kejadian itu dengan mitos yang di percaya masyarakat selama ini, kendaraan alat berat yang akan mengeruk danau tersebut malah tercebur,padahal warga telah mengingatkan agar sebelum mengerjakan pekerjaan itu harus izin terlebih dulu dengam menggelar Hajat atau Selamatan.

Karna peristiwa ini masyarakatpun semakin percaya penghuni situ bojong mengger dapat murka dan mencelakakan siapapun yang melanggar aturannya.

Selain itu juga Konon pernah muncul penampakan mahluk gaib mahluk itu di gambarkan berukuran besar seperti raksasa dengan raga mausia, mahluk ini pun di percaya merupakan jelmaan dari siluman ikan penghuni situ tersebut dipercaya ia dapat berubah wujud di malam malam tertentu setiap bulannya, wargapun banyak yang tidak berani untuk datang ke situ ini jika matahari telah terbenam.

Kesaksian oleh salah satu warga yang sedang memancing di situ itu Konon ada pula sesosok wanita yang kerap terlihat di sisi Situ Bojong Mengger, sosok ini di gambarkan berwajah cantik berambut panjang dan sedang duduk di pinggir danau sendirian dengan gaun putihnya.

Awalnya banyak yang mengira wanita tersebut merupakan salah satu warga desa namun saat di dekati ia malah berlari ke arah air dan menghilang, dipercaya sosok tersebut merupakan Jin yang suka mengganggu siapa saja yang berada di situ tersebut semalaman.

Sampai saat ini situ itu dimanfaatkan oleh warga sekitar, Namun warga tetap mematuhi aturan dan larangan yang telah mereka percaya, walaupun tidak ada yang dapat membuktikan, Cerita -Cerita yang beredar namun masyarakat yakin segala segala Mitos yang ada memiliki tujuan yang baik yakni menjaga Situ Bojong Mengger tetap Asri (Beautiful).

Masih bayak kisah yang mampu membuat merinding dan mencengangkan tetap di kabartungkal.com info berikutnya !!!

Fahmi Zihan (AD) kabartungkal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *