Dunia Digital, Bupati : Penduduk Indonesia Telah Bergeser Ke Arah Urban

Jangan lupa share ya!

KABARTUNGKAL.COM. Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kab. Tanjung Jabung Barat seri 16 bergulir Kamis, 23 September 2021 jam 09.00 WIB, bertajuk Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pada webinar yang menyasar target segmen generasi milenial, mahasiswa, orangtua, dan tenaga pendidik ini hadir dan memberikan materinya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Deden Mauli Darajat, M.Sc. (Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Komunikasi dan Media (P2KM) UIN Jakarta), Nurina. A.Md RO. ST. S.AB. MM (Fasilitator Gapura Digital & CEO Bengkel Startup), H. Yan Ery, S.Pt, M.Si (Kepala Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kab.Tanjab Barat), Ahmad Syahrizal, M.E (Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi / Pembina KSPM Kuala Tungkal). Ghina Bastiana (Watercolor illustrator, Influencer, Dosen) bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya.

Hadir pula memberikan sambutannya secara daring, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag beliau mengatakan Pertumbuhan penduduk dan perkembangan data digital secara bersamaan mengindikasi bahwa penduduk indonesia telah bergeser ke arah urban digital. Tantangan di ruang digital semakin besar. Konten-konten negatif terus bermunculan dan kejahatan di ruang digital terus meningkat.

Untuk itu, menurut Bupati Anwar Sadat kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik dan menyejukkan. Program nasional literasi digital yang telah diluncurkan Bapak Presiden RI merupakan solusi yang tepat untuk diterapkan secara masif oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Pada Sesi pertama, Deden Mauli Darajat, M.Sc menjelaskan tentang Menjadi Pengguna Internet yang Beradab. Menurutnya karakter digital di era industri 4.0 saat ini memiliki karakter ruang tanpa batas, bersifat multimedia, interaktif dan siaran langsung. Untuk itu perlu tiga prinsip utama beretika di ruang digital.

Pertama jangan pernah menyakiti dan membahayakan orang lain, kedua jangan pernah melanggar kesepakatan dan ketiga jangan pernah melanggar aturan negara. Demikian juga dalam berusaha di ruang digital, dalam berpromosi harus santun. Terutama dalam penggunaan bahasa, harus memiliki keterampilan, gunakan bahasa yang baik dan benar dan paham fungsi dan penggunaannya.

Giliran pembicara kedua, Nurina. A.Md RO. ST. S.AB. MM memaparkan materi mengenai Tips Trik Aman Bertransaksi Digital. Dijelaskannya di era digital ini banyak modus penipuan seperti call center fiktif, phising dan skimming dan pengambilalihan akun. Untuk itu kita harus bisa melindungi akun digital kita.

Tips melindungi data pribadi di smartphone menurutnya mulai dari memilih aplikasi yang aman dalam komunikasi, batasi akses aplikasi ke perangkat dan informasi pribadi, selalu update aplikasi ke versi terbaru, kelola kata sandi dan gunakan VPN saat koneksi wifi di area publik.

Tampil sebagai pembicara ketiga H. Yan Ery, S.Pt, M.Si menyampaikan mengenai Kemudahan Berusaha di Dunia Digital. Disampaikannya di era digital saat ini untuk memulai usaha proses perizinannya semakin dipermudah dibandingkan proses konvensional selama ini. Lewat sebuah portal berbagai perizinan usaha dari seluruh sektor sudah terintegrasi.

Sehingga memberi banyak keuntungan seperti layanan terpadu online yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja, layanan paralel dimana pemohon akan menghasilkan beberapa izin terkait serta kejelasan prosedur dan transparansi.

Pembicara keempat Ahmad Syahrizal, M.E memaparkan tentang Digital Skill Trend Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital. Dipaparkannya trend profesi di era digital mulai beralih seperti menjadi content creator, social media specialist dan cyber security engineer. Menurutnya bisnis digital yang menjanjikan dan wajib dicoba adalah bisnis afiliasi, bisnis dropship, bisnis content digital dan bisnis web / aplikasi.

Ghina Bastiana sebagai key opinion leader dalam webinar kali ini, menceritakan sedikit kegiatan bisnisnya di media sosial. Menurutnya keberadaan media sosial menjadi suatu target pasar bagi dunia bisnis. Banyak perusahaan telah berhasil memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menjual dan mempromosikan produk mereka.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. 10 penanya beruntung mendapatkan e-money masing-masing Rp. 100.000,-.

Webinar ini merupakan yang ke-16 dari rangkaian 20 kali webinar yang diselenggarakan di kabupaten Tanjung Jabung Barat. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.

Tinggalkan Balasan